Yapto Suryosumarno

Japto Soelistyo Soerjosoemarno, S.H. (lahir Solo, Jawa Tengah, 16 Desember 1949) adalah tokoh pemuda di Indonesia, dan populer dengan nama Yapto saja. Ia lahir dari pasangan Mayor Jenderal (Purn.) Ir. KPN. Soetarjo Soerjosoemarno, yang menamatkan pendidikan topografi dan geodesi-nya di Belanda, dan Dolly Zegerius. Sang ayah adalah keturunan ningrat dari Mangkunegaran, yaitu cucu dari Mangkunegoro V, sementara sang ibu adalah seorang Belanda Yahudi yang pernah menjadi atlit nasional Indonesia dari cabang bridge. Ia adalah juga adik kandung Marini, aktris senior Indonesia.

Masa muda

Yapto dikenal sebagai tokoh "separuh hitam, separuh putih". Masa mudanya dipenuhi dengan berbagai persaingan dan perkelahian antar gang pemuda di Jakarta. Pada tahun 1965 dia telah memimpin sebuah geng yang dinamakan "Anak Siliwangi 234" dan merupakan kelompok yang mayoritas terdiri dari anak perwira-perwira menengah dan tinggi TNI-AD yang bermukim di Komplek Tentara Jalan Siliwangi, di daerah Senen, Jakarta. Nama Yapto disegani dan ditakuti oleh anak-anak muda Jakarta: apabila terjadi perkelahian-perkelahian di antara anak-anak ABG Jakarta seringkali dapat diselesaikan secara "damai" dengan menyebut nama "Yapto" (atau dijuluki "Si Bulé" oleh orang-orang yang dekat dengannya).


Organisasi dan Politik

Yapto merupakan salah satu tokoh organisasi kemasyarakatan Pemuda Pancasila, sebagai Ketua Majelis Pimpinan Nasional. Selain itu ia juga menjadi Ketua Presidium di Partai Patriot Pancasila.

Di samping bergelut di dunia politik, dia juga adalah seorang tokoh penyayang dan pelestarian binatang WWF. Dia juga mempunyai hobi berburu yang dapat dilihat dari trofi yang diperolehnya dari "Big Game" di Afrika dan serta koleksi binatang-binatang yang dioffset seperti hidup yang menghiasi interior rumahnya di kawasan Ciganjur, Jakarta.


Keluarga

Yapto menikah dengan Retno Suciati, dikaruniai tiga anak:
Golda Nayawitri B.D.K, menikah dengan Adityo Rizal Soeharsono,
Sahid Abishalom B.N.N.S
Jedidiah Shenazar K.S

dan saat ini memiliki dua cucu:
Azriel Haryo Brotoseno T. Soeharsono
Gefanya Pringgita Sasmita F. Soeharsono

No comments: